Manfaat Susu Kedelai


http://www.tokomesin.com/wp-content/uploads/2015/02/susu-kedelai-tokomesin.jpgMadiun - Pernahkah Anda mengkonsumsi susu kedelai ? Jika pernah mungkin Anda akan sedikit rindu rasanya untuk mencicipi susu kedelai setiap hari.
Tidak jarang juga kalau ada orang menjadikan kebiasaan untuk meminum susu kedelai. Terus kedelai seperti apa yang bisa dimanfaatkan ? Semua kedelai selain yang hitam.
Kedelai hitam memang memiliki rasa yang khas ketika dimanfaatkan sebagai gorengan, tapi tidak untuk sebagai minuman. Kedelai hitam sedikit berasa hambar jika dibuat sari nabatinya. Itu kenapa kedelai hitam memang tidak direkomendasikan untuk dibuat susu bubuk.

Bicara soal kedelai, kedelai memiliki jenis yang bervariasi. Tetapi disini mari kita bicarakan yang umum saja (kedelai yang berwarna putih kekuningan), yaitu kedelai khas dari Indonesia. Pada umumnya kedelai digunakan sebagai bahan utama membuat tahu dan tempe, tapi khususnya kedelai juga dapat diambil sariya untuk dimanfaatkan menjadi susu kedelai.
Susu kedelai memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan harga yang relatif ekonomis. 1KG kedelai dapat kita takar bisa menghasilkan 10-15 gelas sari kedelai, mungkin jika kita bubukkan akan hanya berbobot 200-500 gram.

Dalam susu kedelai utamanya kita menemukan molekul protein (kaya akan protein), siapa sangka kalau susu kedelai mampu meningkatkan kecerdasan otak. Didalam kedelai, sumber protein berguna sebagai pembentuk kembali sel-sel yang telah mengalami kerusakan. Seperti kulit mati, rambut rontok, kuku patah dan patah tulang. Selain fungsinya sebagai zat pembentuk, protein pada susu kedelai mampu membantu diet para dieters. Kedelai mengandung serat & lemak nabati yang pada dasarnya tidak terlalu banyak lemak jenuh pada tubuh. Susu kedelai mampu mengenyangkan dan mencegah kita untuk membentuk kebiasaan ngemil.
Susu kedelai aman dari peningkatan kolesterol darah.

Manfaat lain susu kedelai :
1. Meningkatkan kecerdasan otak
2. Baik untuk kebutuhan nutrisi anak yang dalam masa pertumbuhan
3. Minuman sehat & alami, bisa dikonsumsi jangka panjang
4. Menuntaskan dahaga hebat
5. Mengurangi konsumsi lemak jenuh, sebagai sarana diet


Disamping banyak manfaat diatas, kedelai juga dapat menimbulkan penyakit jika kita berlebihan dalam mengkonsumsi. Mengkonsumsi protein berlebih secara tidak langsung dapat menyebabkan diare, obesitas, dan lain-lain.


Intinya, mengkonsumsi segala sesuatu harus ada batas & anjurannya. Insya Allah berkah!


Terima kasih telah membaca berita MANFAAT SUSU KEDELAI dari Wahib Network, semoga dapat menambah pengetahuan Anda.
Latest
First

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
5 March 2015 at 14:29 delete

Manfaat Susu Kedelai

Reply
avatar